Sukses

Timbunan Lemak Tidak Merata

03 Sep 2015, 09:49 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, olahraga apa agar lemak di perut dan paha itu hilang namun tidak berdampak pada ukuran payudara? Karena saya sedang melakukan usaha untuk menambah ukuran payudara dengan menambah berat badan dan hal itu saya rasakan berhasil, namun disisi lain hal itu juga membuat perut dan paha saya lebih berisi dan saya merasa tidak nyaman dengan timbunan lemak di perut dan paha tsb.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat dua tipe distribusi lemak dalam tubuh;

  • Tipe android (apel).

Tipe android ditandai dengan penumpukan lemak yang berlebihan di bagian tubuh sebelah atas, yaitu di sekitar dada, pundak, leher, dan muka hingga menyerupai buah apel. Kegemukan tipe ini lebih banyak terjadi pada pria dan wanita yang sudah mengalami menopouse. Lemak jenuh yang mengandung sel-sel besar banyak menumpuk pada tipe android. Melihat hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang pria kurus dengan perut gendut lebih berisiko dibandingkan dengan pria yang lebih gemuk dengan perut lebih kecil.

  • Tipe ginoid (pir).

Gemuk tipe ginoid ditandai dengan penimbunan lemak di bagian tubuh sebelah bawah, yaitu sekitar perut, pinggul, paha, dan pantat. Kegemukan tipe ini banyak terjadi pada wanita. Lemak penyebab kegemukan ini terdiri atas lemak tidak jenuh serta sel lemak kecil dan lembek. Lemak dinyatakan tidak jenuh bila rantai karbon penyusun lemak tersebut mempunyai ikatan rangkap.

Dari segi kesehatan tipe ini lebih aman bila dibandingkan dengan tipe android karena risiko kemungkinan terkena penyakit degeneratif lebih kecil. Akan tetapi, lebih sukar menurunkan kelebihan berat tubuh pada tipe ini karena lemak-lemak tersebut lebih sukar mengalami proses metabolisme.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa tipe ppenumpukan lemak yang terjadi pada tubuh Anda adalah tipe ginoid. Untuk itu anda dapat mengsiasatinya dengan memilih olahraga yang lebih menekankan gerakan yang membutuhkan gerakan otot dimana lokasi lemak menumpuk (perut atau paha).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar