Sukses

BAB Bayi Keras

15 Apr 2015, 10:20 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dokter sy mau tx...anak sy usia 7 bulan...asi sll sy kasih n kdg air putih klo dia terlihat lelah bermain...makanan yg sering sy brikn adlah tepung maisena di campur bayam..labu n wortel...tp knp BAB nya keras...susah BAB dok...mhn solusinya....untuk buah kdg jeruk n pepaya tdk bgtu suka bgtu pula pisang dia gk suka..mksh dokter...

 
 
 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

 

Kami memahami kekhawatiran yang Ibu rasakan. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang. Bagaimana dengan asupan ASI nya? jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB. Untuk bayi ASI, pada beberapa bayi ASI pencernaannya sensitif terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibunya sehingga menyebabkan buang air besar tidak teratur. Apabila sudah mendapatkan MPASI, perbanyak konsumsi air putih, perbanyak makan serat dan kurangi makanan seperti beras, pisang dan wortel yang sudah dimasak yang dapat memicu konstipasi.

Selain itu, memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi.

Beberapa kemungkinan penyebab timbulnya kesulitan buang air besar:

  • Pada umumnya, kesulitan buang air besar terjadi pada bayi yang pertama kali diberikan susu formula atau makanan pendamping atau dalam kata lain bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat.

  • Frekuensi BAB yang menurun pada bayi dapat juga terjadi karena bayi masih kurang mengerti bagaimana teknik mengedan yang benar, sehingga ia tidak dapat mengeluarkan tinjanya dengan baik. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, Anda tidak perlu khawatir karena bayi akan belajar sendiri bagaimana cara mengedan yang benar

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Untuk informasi Anda, saya sertakan artike tentang penyebab dan solusi sulit BAB pada anakl: 4 Penyebab Anak Sulit BAB 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar