Sukses

Nyeri Lambung dan Kaki Terasa Panas

15 Apr 2015, 10:23 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, saya mau tanya ? Bapak saya sekarang sedang sakit asam lambungnya tinggi, namun kadang kok kaki sebelah kiri nya terasa panas seakan terbakar dan menjalar ketangan dan punggung...Apakah ini ada indikasi syarafnya bermasalah...

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan kami menyimpulkan bahwa kelainan ayah Anda terletak pada gangguan lambung. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, perasaan penuh di ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Untuk mengatasi maag yang ayah Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan 

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Selain itu, kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah terdapat luka pada lambung dan juga untuk mendapatkan obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi gejala maag yang sudah mengganggu aktivitas. Perubahan gaya hidup dan obat-obatan antara lain seperti antasida dan omeprazole dapat membantu untuk menangani keluhan ayah Anda.

Sakit yang disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki, ada kemungkinan ayah Anda mengalami HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus atau seringkali secara awam disebut dengan saraf terjepit.

Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk, dan mengangkat barang berat. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah).

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah. Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan maka sebaiknya ayah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti MRI untuk memastikan apakah ada saraf yang terjepit. Obat yang dapat diberikan untuk mengurangi nyeri antara lain natrium diklofenak. Namun hati-hati dalam penggunaan obat antinyeri karena dapat menimbulkan iritasi lambung. Anda dapat berkonsultasi mengenai ayah Anda lebih lanjut untuk fisioterapi kepada dokter spesialis rehabilitasi medik atau dokter spesialis syaraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

1 Komentar