Sukses

Leher Terasa Nyeri Dan Kaku

18 Jan 2016, 20:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore dokter, baru2 ini sya di vonis vertigo, dan dokter klinik pun mmberikn resep obatnya ; histigo, siberid, dimenhidrant, damuvit, namun stlah mengkonsumsi obat itu lher sya terasa nyeri dan kaku, seperti ditarik, bergerak sdikit nyeri. itu knpa ya dok, dan selain vertigo sya mnderita insomnia berat baru bisa tdr mnjelang subuh, pertanyaan sya apa yg mnyebabkn lher sya nyeri dan apakah berbahaya atau ada penyakit lain slain vertigo?semoga bisa mmberikan solusi dan saranya, terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari gejala Anda yaitu leher terasa tegang dan kaku, kami menduga Anda mengalami cervical syndrome

Cervical syndrome adalah sindrom atau keadaan yang ditimbulkan oleh adanya iritasi atau kompresi pada radiks syaraf cervical yang yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada leher (tengkuk) yang dijalarkan ke bahu dan lengan sesuai dengan radiks yang terkena. Rasa nyeri yang dijalarkan ini disebut nyeri radikuler, artinya bahwa rasa nyeri tersebut berpangkal pada tempat perangsangan dan menjalar ke daerah persyarafan radiks yang terkena, dimana daerah ini sesuai dengan kawasan dermatom. Manifestasi nyeri tengkuk dapat berlokasi di daerah tengkuk sendiri atau menyebar ke tempat lain, daerah sebaran yang terbanyak adalah anggota gerak atas dan kepala.

Berhubung Cervical syndrome hanya merupakan kumpulan gejala maka terapinya akan bergantung pada etiologi yang didapat pada pemeriksaan. Sebagai contoh :

  1. Bila penyebabnya adalah akibat dari trauma whiplast, maka dengan istirahat akan menjadi baik kembali.
  2. Bila oleh karena spondilitis, maka dapat dilakukan rehabilitasi medik. Program rehabilitasi medik antara lain fisioterapi dan pemasangan alat bantu seperti cervical collar.
  3. Bila disertai dengan tanda-tanda medula spinalis ikut terganggu dan pemeriksaan mielografi didapatkan adanya tumor, maka dapat dilakukan operasi.

Pada kasus Anda kami menyarankan Anda untuk kembali melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis saraf untuk penanganan keluhan Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar