Sukses

Jerawat Punggung?Hati-Hati Mungkin Jamur

14 Apr 2015, 13:42 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter, di punggung saya banyak bintik-bintik seperti jerawat. Saya juga memiliki bekas cacar air, bagaimana cara menghilangkannya ya dok? Trims

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah Anda memiliki jerawat yang memenuhi punggung? Apakah Anda pernah memiliki jerawat yang berada di punggung, dada atau lengan atas? Apakah Anda pernah melihat orang yang memiliki jerawat di punggung, dada, atau lengan atas? Hati-hati, bisa saja itu bukan jerawat biasa.

Malasezia folikulitis, sering memberi keluhan mirip dengan jerawat, namun lokasinya di punggung, dada, dan lengan atas. Terkadang juga terdapat di leher, namun jarang terdapat di muka.  Pembedanya adalah pada penyakit ini memberi keluhan gatal pada tempat kelainan yang biasanya tidak dijumpai pada jerawat biasa atau dalam dunia medis disebut dengan akne vulgaris.

Penyakit ini biasa ditemui di daerah tropis, disebabkan oleh spesies Pityrosporum  yang identik dengan Malasezzia furfur, penyebab panu pada kulit.  Jamur ini merupakan flora normal yang ditemukan di kulit, bila pada seseorang terdapat faktor pencetus yang menyebabkan ketidakseimbangan kehidupan flora normal di kulit, maka spesies ini akan tumbuh secara berlebihan di dalam folikel sebasea (lemak) di kulit.

Faktor pencetus ketidakseimbangan kehidupan flora normal di kulit, adalah:

  • Panas
  • Kelembaban udara
  • Diabetes mellitus
  • Keganasan
  • Pemakaian obat antibiotik yang tidak tepat
  • Pemakaian obat sitostatika
  • Kondisi imunitas rendah (AIDS dan sakit kronis lainnya)
  • Pemakaian bahan berlemak

Pengobatan penyakit ini adalah dengan memberikan obat antijamur.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.  Untuk memastikan apakah yang Anda alami benar jerawat atau bukan dan menghilangkan bekas luka Anda, diperlukan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar