Sukses

Haid Maju Mundur

01 Nov 2015, 12:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang Dok, saya mau tanya oktober th lalu sy mengalami Keguguran Tanpa Kuretase krn janin keluar sendiri setelah flek tepatnya tgl 15 okt, cek ke dokter diminta utk tunggu 3 s/d 1 minggu utk testpack lg.. kalau sdh negatif tdk perlu balik lg k dokter krn menurut dokter sdh bersih.. setelah di testpack hasil (-) dok dan saya tdk balik lg utk cek ke dokter.. bln berikutnya sy haid tgl 15 dan normal.._apakah tdk berpengaruh pada rahim untuk hamil lagi dok krn sy pasca keguguran blm cek k dokter ? pasca 6 blnsetelah kegugran siklus haid maju mundur apakah normal? Terima kasih dok :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Variasi siklus menstruasi yang mundur ataupun maju dalam kisaran waktu 5-7 hari, selama dalam kisaran sklus normal (21-35 hari) masih dalam batas wajar.

Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat dan tidak teratur, antara lain:

  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • Hamil
  • dll

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

Namun, jika siklus menstruasi Anda diluar kisaran sklus normal (21-35 hari), dan berlangsung tiga siklus berturut-turut, Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal.

Kami sertakan juga artikel "Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?" untuk tambahan informasi Anda.

Juga beberapa artikel berikut:

Oligomenorea: Ketika Siklus Haid Memanjang

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

4 Faktor Penyebab Telat Haid

6 Mitos Menstruasi

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda seputar kesehatan kewanitaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar