Sukses

Sakit Kepala, Mata Buram, Rambut Rontok

17 Apr 2015, 12:59 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok saya mau tanya, kenapa ya belakangan ini saya sering sakit kepala juga penglihatan mata saya sedikit berkurang/buram ??? kemungkinan mata saya minus dan saya juga ada anemia tapi apakah ada hubungannya dengan kanker otak dok, soalnya rambut saya suka rontok padahal sebelum ada sakit ga pernah rontok. terkadang sehabis makan kepala saya jg terasa sakit apalagi sewaktu bangun tidur, badan juga terkadang pegal" dok padahal saya tidak ada melakukan kerja berat. mohon penjelasan dan solusinya dok. terimakasih..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan mengajukan beberapa pertanyaan :

  • Sejak kapan Anda mengalami hal ini?
  • Apakah Anda melihat kilatan cahaya atau kesemutan sebelum timbul sakit kepala (aura)?
  • Apakah saat sakit kepala muncul disertai keluhan mual dan muntah?
  • Apa Anda ingat hal yang memicu keluhan ini pertama kali? 
  • Apakah ada keluhan lain pada mata anda seperti merah? gatal?
  • Pengobatan apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala anda?

Untuk menegakkan diagnosis, diperlukan pemeriksaan yang mendetail terhadap mata anda, seperti pemeriksaan visus (ketajaman penglihatan), pemeriksaan lapang pandang, tekanan bola mata, lalu mungkin bila anda pernah sakit kepala hingga muntah dapat dilakukan pemeriksaan CT scan kepala. 

Sebagai informasi, ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan mata buram yaitu : 

  1. Mata minus 
  2. Mata astigmatisme
  3. Katarak : sering terjadi pada orang di usia tua, ditandai dengan mata yang semakin lama memburam
  4. Ulkus kornea : luka pada mata biasanya ada mata merah, gatal, buram
  5. Mata kering
  6. Penyakit mata akibat diabetes (penyakit gula)
  7. Glaucoma : dimana dapat terjadi peningkatan tekanan bola mata, yang membuat mata buram dan nyeri kepala, sering terjadi pada orang di usia tua
  8. Iritis 
  9. Penyakit saraf mata (optik neuritis, degenari makula) 
  10. Migraine
  11. Tumor otak

Kami menyarankan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan yang optimal. Bila memang sangat nyeri kepala anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri kepala yang dijual bebas di pasaran. Kami menyarankan juga bila Anda sering bekerja di depan komputer, untuk mengistirahatkan mata secara periodik bila anda sudah terlalu lama di depan komputer. 

Sementara itu mengenai rambut rontok, merupakan hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal. Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. 

Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. 

 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar