Sukses

Komplikasi Diabetes

15 Apr 2015, 11:59 WIB
Pria, 52 tahun.

Berapa lama seorang penderita diabetes akan mengalami impotensi & kelainan retina mata jantung , ginjal ? & bagaimana mengetahui komplikasi akibat diabetesnya / penyakit lainnya ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Diabetes merupakan penyakit akibat kegagalan sel pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon yang penting dalam memasukkan gula ke dalam sel tubuh. Akibat minimnya jumlah insulin tubuh, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan peningkatan gula darah. Peningkatan gula darah dapat merusak dinding pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan berbagai komplikasi pada berbagai organ. Apa saja komplikasi diabetes yang dapat ditemui, mari kita lihat satu per satu.

Lama terjadinya komplikasi tersebut berbeda-beda tiap orang, tergantung dari berat ringan dan terkontrol atau tidaknya gula darah seseorang.

  1. Retinopati Diabetik
    Pada kelainan ini pembuluh darah mata akan lebih rentan pecah dan berdarah. Darah yang berakumulasi pada retina mata akan menganggu fungsi retina dalam menerima stimulasi cahaya. Hal ini akan menyebabkan penurunan penglihatan mata secara perlahan. (Baca: Buta Gara-gara Gula Darah

  2. Nefropati Diabetik
    Komplikasi ginjal merupakan salah satu komplikasi yang umum ditemui. Ginjal yang rusak tidak dapat menahan protein tubuh sehingga akan keluar melalui urin. Protein dalam urin merupakan tanda awal dari kerusakan ginjal. Pada tahap akhir, pasien dengan gangguan ginjal yang tidak ditangani dengan baik akan menderita gagal ginjal. Gagal ginjal adalah keadaan dimana ginjal mengalami penurunan fungsi ginjal dan berbagai materi beracun dapat terkumpul dalam tubuh kita.

  3. Penyakit Jantung Koroner
    Kerusakan pembuluh darah pada jantung dapat menyebabkan sumbatan aliran darah. Sumbatan aliran darah dapat menyebabkan kerusakan otot jantung. Penyempitan aliran darah dapat menyebabkan serangan angina, yaitu nyeri dada akibat tersumbatnya pembuluh darah. (Baca: Fakta vs Mitos Angin Duduk)

  4. Penyakit Pembuluh Darah Otak
    Diabetes dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah otak. Hal ini dapat menyebabkan serangan stroke, dimana penderita mengalami penurunan kekuatan otot tubuh, kelumpuhan atau penurunan kesadaran. 

  5. Neuropati Diabetik
    Pasien dengan neuropati diabetik akan mengalami keluhan kesemutan atau perasaan seperti baal pada bagian tubuh tertentu. Hal ini dapat menyebabkan individu dengan gangguan neuropati rentan terkena luka pada kaki yang tidak terdeteksi karena minimnya rasa sakit.

  6. Penyakit Pembuluh Darah Perifer
    Pembuluh darah perifer berfungsi mengalirkan darah ke berbagai bagian tubuh. Sayangnya pembuluh darah perifer pada penderita diabetes mengalami kerusakan, sehingga aliran darah tidak optimal. Kelainan pembuluh darah perifer, bersama dengan neuropati diabetik, dapat menyebabkan luka pada kaki yang sulit sembuh. (Baca: 8 Tips Atasi Nyeri Saraf Karena Diabetes

Itulah berbagai komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai. Berbagai komplikasi ini dapat dicegah dengan pemantauan gula darah yang baik dan deteksi dini pada penderita diabetes sebelum terjadinya komplikasi. Untuk mengetahui adanya komplikasi tersebut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter agar dapat diperiksa secara lengkap.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar