Sukses

Flek Wajah dan Telinga Panas

17 Apr 2015, 13:51 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok kenapa ahir~ahir ini kulit dan telinga saya terasa panas dan muncul flek di wajah setiap siang hari sampai sore

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penanganan flek wajah bergantung pada penyebabnya. Diperlukan pemeriksaan fisik langsung untuk menentukan jenis flek yang Anda alami. Jika flek yang Anda maksud adalah flek hitam atau gelap dan rata dengan kulit maka terdapat beberapa penyebabnya. Flek-flek hitam yang timbul pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

  • Pertambahan usia.
  • Paparan sinar UV berlebih saat kulit sama sekali tidak memakai perlundungan (sunscreen). Saat terpapar tanpa perlindungan, kulit akan melindungi diri dengan memproduksi melatonin (sel-sel pigmen di kulit) berlebih. Melatonin ini selanjutnya akan membentuk noda-noda yang mengganggu penampilan
  • Dipicu oleh substansi psoralens yang terdapat dalam makanan seperti seledri, limau dan lobak. Saat mengonsumsi makanan ini, kulit akan semakin sensitif jika terpapar sinar matahari langsung.
  • Penggunaan lotion dan parfum yang mengandung bergamot oil, di area yang terpapar matahari.
  • dan sebagainya

Untuk menghilangkan flek-flek hitam ini, disamping menggunakan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter kulit anda, anda juga perlu menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicu seperti yang telah disebutkan diatas. Selain itu konsumsi beberapa jenis vitamin yang mampu menghambat proses penuaan kulit juga dapat membantu mempercepat hilangnya flek-flek hitam pada kulit, seperti penggunaan vitamin A (retinoid) di malam hari dan vitamin C di pagi hari sebelum menggunakan tabir surya. Untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan vitamin tersebut, anda dapat membaca artikel yang berjudul Kegunaan Vitamin Untuk Kulit

Jika flek wajah tersebut tetap membandel meskipun telah diberikan dengan terapi-terapi tersebut maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk dilakukan chemical peeling atau microdermabrasi atau laser. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai terapi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah flek-flek hitam anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Kenali dan Usir Flek Hitam.

Kemudian mengenai keluhan pada telinga, apakah rasa panas disertai nyeri? Bila terdapat nyeri, maka terdapat gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? dan apakah Anda memiliki nyeri kepala dan kemerahan serta nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda? Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar