Sukses

Efek Samping Vitamin C

24 Apr 2015, 11:23 WIB
Wanita, 35 tahun.

dok setiap pagi dan malam saya mengunsumsi 2 suplemen vitamin c & evening primrose oil 1000 apakah ada efek samping buat hari tua nanti ? kulit saya mudah alergi dgn cuaca jg udara kotor

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Konsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat menyebabkan mual, gangguan sistem pencernaan, kram perut, diare, dan meskipun mekanismenya belum jelas kemungkinan faktor terjadinya batu ginjal meningkat. Perlu diingat, bahwa dampak negatif tersebut banyak ditemukan pada konsumsi suplemen vitamin C bukan pada konsumsi natural dari bahan makanan.

The Food and Nutrition Board, U.S. National Academy of  Sciences menetapkan bahwa batas maksimum vitamin C yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh dan tidak memberikan efek samping paling tidak 2000 mg per hari. Namun, lebih aman bagi kesehatan untuk mengonsumsi vitamin C kurang dari 1000 mg per hari. Sebaiknya kebutuhan tubuh kita akan vitamin C dipenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari yang seimbang, tanpa suplemen yang berlebihan. Rekomendasi jumlah asupan vitamin C untuk pria dewasa adalah 75 mg/hari.

Hitunglah kira-kira berapa mg vitamin C yang Anda konsumsi setiap hari dari berbagai suplemen Anda. Batasi sesuai rekomendasi di atas.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda seputar konsumsi vitamin C dosis tinggi pada tubuh, kami lampirkan tautan (link) berikut ini yang memuat informasi kesehatan tersebut:

Perlukah Asupan Suplemen Vitamin C Dosis Tinggi?

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar