Sukses

Mencegah dan Mendeteksi Kanker pada Pria

17 Apr 2015, 12:42 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok bagaimana pola hidup agar terhindar dari kanker? Dan bagaimana untuk mendeteksi awal kanker? Terimakasih

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kanker dapat dicegah dengan pola hidup yang baik dan juga deteksi dini. Pola hidup sehat seperti istirahat teratur, olah raga teratur, diet sehat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker. Menghindari rokok dan alkohol juga akan membantu mencegah berkembangnya kanker.

 

 

Selain itu, pemeriksaan kesehatan (medical check up) yang rutin dengan pemeriksaan deteksi kanker melalui pemeriksaan fisik langsung oleh dokter juga pemeriksaan darah untuk mengetahui petanda kanker dapat membantu deteksi dini sehingga penanganan segera dapat dilakukan secepat mungkin.

 

 

Berikut ini juga beberapa gejala kanker yang seringkali diabaikan, terutama pada pria:

1. Sulit Kencing

Jika terdapat keluhan sulit kencing, terdapat darah pada urin atau cairan mani, atau terdapat keluhan disfungsi ereksi, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. Keluhan-keluhan tersebut dapat merupakan pertanda kanker prostat.

 

2. Perubahan pada Testis (Buah Zakar)

Para pria perlu memperhatikan bentuk dan ukuran testis (buah zakarnya) dengan seksama. Waspadalah terhadap pembengkakan, pembesaran, benjolan pada salah satu sisi atau kedua sisi. Tanda-tanda ini dapat merupakan sinyal kanker testis.

 

3. Sariawan

Sariawan yang segera hilang dengan sendirinya tidak perlu Anda khawatirkan. Namun, jika Anda mengalami sariawan yang tidak sembuh-sembuh, terus-menerus terasa nyeri, adanya bercak merah atau putih pada gusi dan lidah, atau adanya pembengkakan atau rasa kebas di daerah rahang dan Anda adalah seorang perokok aktif, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri karena tanda dan gejala tersebut dapat mengarah kepada kanker mulut.

 

4. Batuk Kronik

Batuk yang tidak sembuh selama 3 minggu atau lebih dapat merupakan pertanda kanker paru. Jika Anda sudah mengkonsumsi obat-obatan dan batuk Anda tidak juga kunjung sembuh maka Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter.

 

5. Sering Merasa Lelah

Sering merasa lelah, setiap hari, selama beberapa bulan dan disertai dengan rasa sesak atau tidak nyaman saat bernapas dapat merupakan tanda dan gejala leukemia (kanker sel darah putih) dan limfoma (kanker kelenjar getah bening). Meskipun seringkali, keluhan lelah tidak langsung berkaitan dengan kanker, namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.

 

6. Sakit Kepala Kronik

Sakit kepala yang terus-menerus terjadi dan tidak mereda dengan pengobatan biasa harus segera diperiksakan. Kemungkinan kanker otak harus segera disingkirkan dengan pemeriksaan menyeluruh.

 

Untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan secara teratur dengan pemeriksaan Medical Check Up yang rutin. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar