Sukses

Nyeri Perut, Nyeri Berhubungan, Belum Hamil 2 Tahun

13 Apr 2015, 09:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

sore dok,sy mau tanya perut seblah kanan saya sakit smpai k pinggang ,,dan sering BAK klo berhubungan sakit,,kata dokter sy ada isk ,dan sy sdh 2th mnikah blm ada anak ,,apakh isk itu mmpengaruh y dok?.sy sdh d usg dan priksa lab n d ksih obat ckup mahal pun tdk ada prubahan ,,sy harus beli obat yg bagaimna dok??mhon di bantu dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Infeksi saluran kemih (ISK) menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kencing adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Secara umum, penyakit ini tidak menular.

Untuk memastikan diagnosis ISK dan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut berupa wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, misalnya urinalisis. Kami menyarankan pasangan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum. 

ISK umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

  1. ISK atas:  gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.
  2. ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kencing sakit terutama pada akhir kencing, anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dan rasa masih ingin kencing lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air kemih yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.

ISK atas maupun bawah harus ditangani dengan pemberian antibiotik sesuai dengan bakteri penyebab. Karena jika tidak diobati segera, peradangan akan terus berlanjut dan dapat mengakibatkan komplikasi pada ginjal. Oleh sebab itu kami sarankan Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dan dosis yang sesuai.

Nyeri perut kanan yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, usus, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf.  Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Pada usus, nyeri kanan bawah dapat disebabkan oleh usus buntu atau disebut apendisitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. Gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam, mencret, atau konstipasi. Untuk menegakkan diagnosis usus buntu diperlukan wawancara medis, pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG perut, atau CT scan perut.

Pada wanita, keluhan nyeri seperti ini dapat juga berasal dari organ dalam reproduksi. Selain itu terdapat keluhan bahwa Anda belum mendapatkan keturunan selama 2 tahun. Hal ini dapat dikategorikan infertilitas primer.  

Infertilitas dapat dibedakan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Infertilitas primer apabila sebuah pasangan belum pernah sama sekali mengalami kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Infertilitas sekunder adalah kegagalan mencapai kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi, namun sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya. Penyebab infertilitas  dapat disebabkan oleh laki-laki maupun wanita. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)

  • Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :

  • Kelainan ovulasi (produksi sel telur)

  • Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)

  • Sumbatan saluran telur

Pemeriksaan penyebab infertilitas pada sebuah pasangan dilakukan oleh kedua pihak baik pria dan wanita. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Dari keluhan yang Anda sebutkan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan kandungan atau dokter spesialis kebidanan kandungan subspesialisasi fertilitas.Selain itu bergaya hidup sehat dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda, seperti olahraga teratur, makan makanan sehat, tidak merokok,serta tidak mengkonsumsi alkohol.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar