Sukses

Gatal-gatal Dan Lecet Di Payudara

14 Jan 2016, 11:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, payudara saya sudah 2 bulan lebih gatal-gatal dan suka lecet karena digaruk. sekarang, kulit sekitar puting sering kering pecah-pecah dan berkelupas. lalu suka berkerut seperti jeruk purut. saya khawatir itu indikasi kanker. namun, tidak ada benjolan dan puting normal. sebelumnya saya memang sedang mengidap jamur di selangkangan saya tapi sekarang sudah sembuh, apakah kondisi di payudara saya ini akibat jamur dari selangkangan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan yang Anda rasakan berupa gatal pada puting (daerah areola) payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. Kami menduga gatal tersebut kemungkinan timbul akibat iritasi dari pakaian dalam yang Anda kenakan.

Untuk itu, Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).
  • Jangan mengenakan pakaian dalam yang terlalu longgar atau terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.
  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.
  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar