Sukses

Memasukkan Jari ke Vagina, Tidak Perawan?

13 Apr 2015, 11:58 WIB
Pria, 22 tahun.

mf dok saya ingin bertanya saya pernah memasukan jari saya ke dalam vagina tunangan saya, dan pada saat saya memasukan jari saya 4jari sekaligus masuk, apa dia masih bisa di bilang perawan dok? mohon bantuannya dok terimakasi.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam). Namun ada juga jenis selaput dara wanita yang lebih elastis sehingga tidak mudah robek.

Persepsi bahwa malam pertama adalah proses penetrasi yang menyebabkan robeknya selaput dara sehingga selalu disertai dengan perdarahan dari vagina merupakan mitos yang paling banyak beredar dan tidak benar. Selaput dara wanita diciptakan dalam beberapa jenis, ada yang elastis, ada yang bentuknya berjaring ada yang bentuknya cincin sehingga tidak selalu proses penetrasi pada malam pertama menyebabkan terjadi robeknya jaringan dan terjadinya perdarahan.

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar