Sukses

Pengaruh Sinar Rontgen terhadap Wanita

11 Jan 2016, 11:38 WIB
Wanita, 43 tahun.

dok apa pengaruh sinar X pada wanita yang belum menikah. Saya berada dalam ruangan dimana ayah saya di foto.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekuatiran Anda, namun tidak ada masalah dengan rontgen selama Anda tidak sedang hamil.

Bila sedang hamil, baik dokter maupun ibu hamil tentunya mengkhawatirkan mengenai potensi pajanan radiasi yang dapat membahayakan janin yang dikandung. Dosis akumulasi radiasi ionisasi akumulasi yang dapat membahayakan janin berada pada angka 5 rad, dan jarang sekali ada pemeriksaan diagnostik yang dapat mencapai dosis ini.

Efek samping lain yang juga dapat terjadi adalah peningkatan risiko kanker pada janin, terutama adalah leukimia dan sedikit kemungkinan perubahan mutasi genetik. Namun tentu saja sekecil apapun risiko yang didapatkan, akan lebih baik bila dihindari sama sekali.

Ketika Anda hamil, disarankan untuk tidak melakukan pemeriksaan x-ray apabila memungkinkan. Hal ini terutama ditujukan pada 3 bulan pertama kehamilan karena trimester pertama adalah saat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Gangguan pada fase tersebut dapat menyebabkan kecacatan.

Namun pada kehamilan trimester akhir, apabila memang diperlukan, pemeriksaan x-ray dapat dikerjakan di bawah pengawasan dokter. Level radiasi yang diterima oleh janin akan tergantung dari jenis pemeriksaan yang dikerjakan, daerah mana yang dilakukan pemeriksaan, dan berapa kali mengerjakan pemeriksaan tersebut. Juga perlu dipastikan bahwa Anda maupun janin (perut Anda) memakai pelapis timbal sehingga janin tidak terkena secara langsung sinar x-ray yang sedang dikerjakan.

American College of Obstetricians and Gynecologists mengatakan bahwa wanita yang akan melakukan pemeriksaan radiologi ketika sedang hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mereka. Namun yang perlu diketahui adalah pajanan radiasi kurang dari 5 rad tidak akan menyebabkan gangguan atau kelainan pada janin maupun keguguran.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar