Sukses

Efek Samping Obat Peninggi Badan

09 Jul 2015, 15:39 WIB
Pria, 16 tahun.

dok, saya ingin tanya pendapat penjanengan tentang peninggi badan, sebenarnya aman atau tidak? soalnya saya pernah dengar kalau dapat menyebabkan sirosis hati di masa mendatang, benar atau tidak.... trus yang aman yang bagaimana?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami jelaskan.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
 
Bagaimana dengan tinggi badan orang tua Anda?
 

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 18-21 tahun pada pria. Jadi ada kemungkinan, lempeng pertumbuhan tulang Anda sedang mulai menutup atau bahkan sudah selesai menutup.

Suplemen atau obat untuk meningkatkan tinggi badan belum dapat diketahui efeknya jika tidak diketahui isi atau bahan aktifnya. Selain itu efek suatu bahan kimia perlu diteliti untuk lebih tepat mengetahui efeknya bagi tubuh. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mendukung penggunaan obat-obat atau suplemen peninggi badan, sehingga sulit untuk menentukan bahwa suatu suplemen atau obat dapat berhasil untuk meningkatkan tinggi badan. Yang diperlukan terutama adalah menjaga asupan nutrisi dengan cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan. Hal ini pun efektif dilakukan selama lempeng pertumbuhan belum menutup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 
 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar