Sukses

Anak Makan Banyak, Tapi Badan Tetap kurus

11 Jan 2016, 11:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya amau tanya masalah kesehatan anak saya. Dia usianya 6th. Dia makan banyak sekali bahkan porsi nya itu lorsi dewasa, mkn 3× sehari. Tapi berat badannya sangat rendah dan dia sangat kurus sekali? Apakah ini tidak berbahaya bagi kesehatanny? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika jumlah asupan nutrisi anak telah melewati porsi normal seusianya, namun berat badannya justru menurun, maka perlu dicurigai adanya faktor yang mempengaruhinya.

Kemungkinan yang dapat terjadi adalah karena faktor keturunan (bila salah satu / kedua orang tua juga memiliki tubuh yang cenderung kurus), adanya penyakit keganasan, hipertiroid, atau penyakit infeksi.

Infeksi dapat menyebabkan penurunan berat badan atau berat badan yang sulit naik. Infeksi yang sering dihubungkan dengan penurunan berat badan adalah infeksi oleh kuman Tuberkulosis. Kuman Tuberkulosis dapat menyebabkan gejala seperti batuk, sesak nafas atau demam yang tidak terlalu tinggi.

Saran kami, sebaiknya anak anda diperiksakan dahulu kepada dokter spesialis anak untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit tersebut. Bila setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan hasil yang normal anda dapat kemudian melakukan konsultasi gizi untuk mengatur pola makan anak sesuai dengan usianya.

Demikain informasi yang dapat kami berikan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar