Sukses

Mengkukur Kelengkungan Kaki

09 Jul 2015, 15:33 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya ingin bertanya ? Saya ingin mengkukur kelengkungan kaki saya yang dikategorikan kaki o ? Sedangkan syarat tes masuk akmil dengan kaki o tidak boleh lebih dari batas toleran, yaitu 4 cm. Bagaimana cara mengetahui kalau kaki saya yang o ini lebih atau kurang dari 4 cm ? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kaki berbentuk O atau genu varum merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:  

  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.

Untuk mengukur kelengkungan kaki anda kami menganjurkan Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis ortopedi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar