Sukses

Mata Buram Saat Sakit KepaLa

12 Jan 2016, 11:27 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat pagi, saya mau tanya dok, istri saya kalau pusing pengelihatan pada matanya suka buram , ketika dikasih obat warung bodrex extra paginya pengelihatannya berbayang bayang , apakah ada solusi dok ? Dan apa obat yg disarankan . terimakasih :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama pasangan anda mengalami gejala ini? apa pasangan anda ingat yang memicu keluhan ini pertama kali? Apakah pasangan anda ada riwayat trauma (kecelakaan) yang membuat mata terluka? Apakah ada keluhan lain pada mata pasangan anda seperti merah? gatal? Apakah nyeri kepala yang pasangan anda rasakan hanya sebelah kepala?  Apakah pasangan anda ada riwayat menderita migraine (nyeri kepala sebelah)?

Untuk mendapatkan diagnosa untuk penyakit pasangan anda, idealnya diperlukan pemeriksaan yang mendetail, seperti pemeriksaan visus (ketajaman penglihatan), pemeriksaan lapang pandang, tekanan bola mata dan atau CT scan kepala.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan mata buram yaitu : 

  1. Mata minus 
  2. Mata astigmatisme
  3. Tumor otak
  4. katarak --> sering terjadi pada orang di usia tua, ditandai dengan mata yang semakin lama memburam
  5. Ulkus kornea --> luka pada mata biasanya ada mata merah, gatal, buram
  6. Mata kering
  7. Penyakit mata akibat diabetes (penyakit gula)
  8. Glaucoma --> dimana dapat terjadi peningkatan tekanan bola mata, yang membuat mata buram dan nyeri kepala, seirng terjadi pada orang di usia tua
  9. Iritis 
  10. Penyakit saraf mata (optik neuritis, degenari makula) 
  11. Migraine

Kami menyarankan agar pasangan anda konsultasi ke dokter specialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk sementara yang pasangan anda dapat lakukan adalah mencoba mengkonsumsi lebih banyak vitamin, dan bila pasangan anda merasa pusing, dapat mencoba pergi ke ruangan gelap dan sepi, apakah membaik? bila ya kemungkinan pasangan anda menderita migraine. Bila memang sangat nyeri kepala pasangan anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri kepala yang dijual di pasaran. Kami menyarankan juga bila pasangan anda sering bekerja di depan komputer, untuk mengistirahatkan mata bila  sudah terlalu lama di depan komputer. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar