Sukses

Nyeri Pada Tulang Ekor

15 Apr 2015, 00:27 WIB
Wanita, 30 tahun.

sy memiliki nyeri di tulang ekor sebelah kiri, nyeri hilang timbul, tapi ketika nyeri itu datang kaki menjadi lemas (mati rasa dr ekor hingga pergelangan kaki) terkadang hingga sy terjatuh, utuh sekitar 2-3 menit agar sy bisa berdiri dan berjalan normal kembali.apakah ini termasuk tanda2 kolesterol?trmks

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai sejak kapan keluhan tersebut muncul, adakah saat-saat tertentu keluhan tersebut muncul, apakah Anda pernah memiliki riwayat jatuh terduduk sebelumnya,dan informasi-informasi lain yang mungkin membantu dalam penegakkan diagnosis penyakit Anda. Saat ini sangatlah sulit untuk menentukan penyebabnya mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisisklangsung pada Anda.

Nyeri tulang ekor dapat termasuk kedalam golongan Nyeri punggung bawah/Low back pain. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan keluhan ini, namun sebagian besar disebabkan oleh peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Berdasarkan waktu keluhannya, LBP dibedakan menjadi LBP akut dan LBP kronis. Disebut LBP akut apabila keluhan tersebut dirasakan dalam waktu kurang dari 12 minggu, sedangkan dikatakan kronis apabila sudah dialami selama lebih dari 12 minggu.

Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Apabila setelah menerapkan tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, dokter spesialis tulang (ortopedi), atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar