Sukses

Rhinitis Alergi

12 Apr 2015, 17:27 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, kenapa ya saya sering terserang flu. Saat cuaca dingin, kena angin malam, kena debu, pasti flu.. dan saya jg kerja di sift yg ada sift malamnya.. terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Keluhan-keluhan yang anda alami merupakan tanda-tanda alergi hidung (rhinitis alergi). Pasien dengan rhinitis alergi biasanya akan mengeluhkan gejala-gejala seperti bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal pada hidung dan hidung tersumbat setiap kali hidung terpapar oleh alergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi).

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin  dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.

  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Rhinitis Alergi/Alergi Hidung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar