Sukses

Penyebab Kesemutan

04 Jan 2016, 07:12 WIB
Pria, 19 tahun.

saya mau tanya, kenapa beberapa dibagian badan saya seperti paha, tangan, dagu, belakang leher, punggung, kaki kadang terasa ada yang merayap seperti semut bahkan rasa seperti dicubit. ketika saya liat tidak ada apapun. setelah saya garuk gatalnya hilang. tapi setelah itu rasa seperti di rayapi semut kadang muncul lagi. (sebelumnya saya tidur disebuah kosan yang pertama tidak terjadi apa apa tapi setelah bangun juga belum ada apa apa tapi setelah saya tinggal mandi di kasur itu banyak semutnya) pertanyaan saya: 1. apakah mungkin saya kemasukan semut entah dari lubang hidung, mulut, telinga ataupun yang lain? 2. kalau iya berbahaya kah? dan bagaimana cara pengobatan nya 3. kalau tidak mengapa? dan apa tindakan yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa tersebut. terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengenai kekhawatiran Anda mengenai adanya semut yang masuk kedalam lubang tubuh (mulut, hidung, telinga, anus, dsb)  kemudian berjalan-jalan didalam tubuh sehingga menimbulkan keluhan kesemutan merupakan hal yang tidak mungkin. Ketika terdapat binatang kecil yang masuk ke dalam tubuh, maka masing-masing bagian tubuh memiliki respon pertahanan masing-masing untuk mencegah binatang masuk lebih dalam dan menyebabkan gangguan. Pada telinga misalnya, terdapat sekret telinga yang lengket menyebabkan binatang tsb lengket dan mati. Jika masuk ke dalam mulut, maka akan mati ketika terkena asam lambung.

Sedangkan mengenai penyebab kesemutan, telah kami bahas dalam salah satu artikel kesehatan kami. Anda dapat melihatnya Disini.

 

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar