Sukses

Efek Konsumsi Minyak Ikan

17 Apr 2015, 07:42 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok apa efek samping mengkonsumsi minyak ikan tiap hr pada anak anak ? Trima kasih !

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Umumnya, penggunaan minyak ikan tergolong aman. Namun beberapa orang mengeluhkan rasa tidak enak di mulut atau mual setelah konsumsi minyak ikan.

Efek samping yang dapat terjadi adalah mual, diare, sendawa, ruam kulit, hingga gangguan perdarahan akibat konsumsi dosis tinggi. Jangan berikan minyak ikan pada anak yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap minyak ikan atau jenis ikan tersebut, anak yang memiliki gangguan perdarahan, atau bila sedang mengonsumsi obat akti koagulan atau anti pembekuan darah.

Minyak ikan mengandung EPA (omega-3 fatty acids eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang disebutkan dapat mengurangi proses peradangan di tubuh atau disebut sebagai anti-oksidan. Beberapa penyakit yang dapat dicegah adalah kanker, penyakit jantung, darah tinggi, kesehatan mental, psoriasis, lupus dan depresi. Mengenai fungsi untuk menambah kecerdasan masih sedang diteliti, dan belum ada laporan yang membuktikan. 

Yang terpenting adalah konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Apabila terdapat keluhan terkait konsumsi minyak ikan, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter anak Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar