Sukses

Bintitan Berulang Pasca Insisi

17 Apr 2015, 08:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya. Mata saya bintitan sudah 2 bulan tipe hordeolum internal di bagian kelopak atas, lalu akhirnya saya ke rumah sakit melakukan insisi, tetapi setelah insisi benjolan tetap ada dan kembali seperti semula setelah seminggu. Apa penyebabnya? Apa yg harus saya lakukan? apakah saya harus melakukan insisi lagi atau hanya mengkompresnya? mohon solusinya ya Dok.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bintitan atau dalam medis disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat diberikan kompres hangat, 3-4 kali sehari selama 10-15 menit, sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Jika cara tersebut tidak memberikan respon perbaikan maka pertimbangkan pemberian obat tetes yang mengandung antibiotik atau obat minum antibiotik (untuk kasus tertentu, jika peradangan mengenai seluruh mata). Selain itu, jika nanah terlihat tidak memiliki jalan keluar, maka dapat dilakukan penyayatan (insisi) untuk mengeluarkan nanah, seperti yang pernah Anda lakukan.

Sedangkan mengenai kejadian hordeolum yang berulang pada Anda, kemungkinan besar lebih disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bersih. Faktor lain yang juga disebut berpengaruh antara lain kadar kolesterol darah yang tinggi sehingga mempermudah terjadinya sumbatan pada kelenjar minyak yang menuju kelopak mata. Faktor lainnya (namun jarang terjadi) adalah defisiensi Immunoglobulin M. Namun untuk menelusuri lebih lanjut penyebabnya, diperlukan pemeriksaan fisik diagnostik lengkap oleh dokter spesialis mata.

Sebagai pencegahan berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk.

Selanjutnya, apabila hordeolum membesar hingga menimbulkan gangguan penglihatan, hordeolum yang terlalu sering timbul, hordeolum tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri, kami sarankan Anda kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk tata laksana yang lebih optimal. 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar