Sukses

Jamu Untuk Anak

05 Jan 2016, 08:08 WIB
Wanita, 38 tahun.

Salam dokter...saya mau tanya tentang jamu unuk anak. Apakah jamu bagus untuk anak? Mulai usia berapa anak diperbolehkan minum jamu? Terima kasih sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih Atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya perlu dijelaskan tujuan anda memberikan jamu kepada anak, khasiat apa yang ingin Anda tuju?

Secara umum belum dipastikan manfaat dan efek samping yang dapat ditimbulkan oleh mengkonsumsi jamu, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, bila mengkonsumsi jamu dalam kemasan, ditakutkan terdapat campuran bahan/ zat yang menyebabkan efek samping pada tubuh, misalnya ginjal dan hati yang berfungsi untuk membuang zat berbahaya yang masuk dalam tubuh. Untuk itu anda sebaiknya lebih bijak dalam memilih jamu yang akan diberikan kepada anak.

Selain itu, bila kebutuhan nutrisinya telah terpenuhi oleh makanan yang diberikan sehari-hari, maka sebenarnya anak tidak memerlukan suplemen dalam bentuk apapun. Kecuali bila dalam kondisi khusus, misalnya sedang dalam keadaan sakit.

Apabila anda ingin tetap memberikan jamu, sebaiknya anda konsultasikan kembali kepada dokter spesialis Anak anda agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar