Sukses

Bubur Beras Merah Untuk Bayi Usia 7 Bulan

14 Apr 2015, 16:32 WIB
Wanita, 32 tahun.

dok bolehkan kita memberikan MPASI pada anak usia 7 bulan berupa bubur beras merah?

 
 
 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

MPASI dapat mulai diperkenalkan dengan pemberian buah atau sayur yang dihaluskan. Disarankan untuk memberikan satu jenis makanan terlebih dahulu agar anak dapat mengenal rasanya. Anda juga disarankan untuk memberikan satu jenis makanan selama empat hari berturut-turut untuk mengetahui kemungkinan anak alergi terhadap makanan tersebut. Jika tidak ada reaksi, Anda dapat melanjutkan kepada pengenalan MPASI berikutnya.

Boleh bagi Anda untuk memberikan bubur beras merah. Hanya saja perlu diperhatikan teksturnya agar jangan terlalu padat. Untuk usia 6-8 bulan, Anda dapat menambahkan : alpukat, wortel matang, ubi, pepaya, daging (ayam, ikan, daging, dll), tahu, kacang-kacangan. Tekstur pure sudah dapat Anda kentalkan dengan menambahkan lebih sedikit cairan (air/susu formula/ASI).

Untuk bayi usia 8-10 bulan, Anda bisa mulai meningkatkan tekstur makanan si kecil, tidak perlu terlalu halus lagi (menjadi bubur saring). Anda juga sudah bisa mencoba memberikan dia makanan yang dapat dipegangnya (finger food).

Untuk usia 10-12 bulan, Anda dapat menambahkan keju, buah yang dipotong kotak-kotak kecil, pasta, yogurt, dan telur.

Setelah lewat usia 12 bulan, anak Anda sudah mulai dapat memakan makanan orang dewasa dan minum susu cair (susu UHT atau pasteurisasi).

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dari pada beras putih, namun memiliki kandungan protein, dan vitamin B12 yang lebih tinggi dari pada beras putih. Vitamin B12 merupakan vitamin yang baik untuk sel saraf. Beras merah juga mengandung fosfor dan selenium. Selenium yang dianggap sebagai salah satu zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Begitu pula dengan beras hitam, beras jenis ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi selain itu beras hitam juga tinggi akan serat sehingga memnbuat orang yang mengkonsumsinya merasa lebih cepat kenyang.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses dengan mengklik judul-judul berikut:

Jadwal Makan Bayi

Jenis-Jenis Makanan Bayi

Panduan Makan Bayi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar