Sukses

Tumor Kelenjar Air Liur
14 Apr 2015, 16:49 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat siang dok , ayah saya mengalami benjolan dibawah dagu bagian kiri dok , dan kalau kecapean benjolan itu membesar dan pernah mengeluarkan nanah seperti batu skg ayah sy sdg dirawat kta doktermya itu tumor kelenjar air liur, apakah itu bahaya dok? Dan penyebabnya apa ya , terimakasih

 
 
 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com


Kelenjar parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur yang terbesar. Tumor parotis adalah tumor kelenjar air liur atau kelenjar luda. Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Keganasan tumor parotis sangatlah jarang, hanya 1-2 kasus/100.000 orang.

Penyebab pasti tumor kelenjar air liur masih belum jelas. Tumor kelenjar air liur terjadi akibat adanya mutasi DNA pada sel-sel kelenjar air liur.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan tumor parotis:

  • usia di atas 50-60 tahun

  • riwayat terekspos radiasi

  • riwayat merokok

  • riwayat keluarga dengan penyakit yang sama

  • laki-laki

  • penggunaan telepon genggam (masih diteliti)

Terapi untuk tumor parotis adalah dengan cara operasi baik superfisial maupun total parotidektomi tergantung dari stadium dan histologi tumor. Tumor yang invasif atau menyebar ke organ lain terkadang membutuhkan pengangkatan organ tersebut. Terapi radiasi dan kemoterapi dibutuhkan untuk kanker dengan stadium akhir atau tumor yang kambuh kembali.

Namun, terdapat banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh seorang dokter sebelum melakukan pengangkatan tumor tersebut. Operasi pengangkatan tumor parotis (atau dikenal dengan parotidektomi) bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan karena pada kelenjar parotis terdapat nervus facialis (persarafan wajah) dimana kerusakan pada nervus fasialis akibat tindakan operasi dapat menimbulkan komplikasi berupa kelumpuhan saraf wajah. Disamping itu, dokter juga menilai keuntungan dan kerugian dari dilakukannya tindakan operasi tersebut.

Kami sarankan ayah anda untuk kontrol rutin dengan dokter spesialis bedah onkologi yang mengetahui kondisi ayah anda secara langsung sehingga ayah anda akan mendapatkan pengobatan yang optimal.

Demikian Informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam,

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar