Sukses

Anak Sedang Sakit dan Sulit Makan

17 Apr 2015, 18:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak saya baru umur 8 Bulan udah hampir 3 mingguan ini makan agak susah sejak kena flu dan batuk, padahal sebelumnya makan lancar aja, kira - kira apa yang harus saya lakukan ya? Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bayi yang sedang tidak enak badan seperti batuk pilek cenderung tidak mau makan, hal serupa juga terjadi pada bayi yang akan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi memang membuat rasa tidak enak pada bayi sehingga ia menolak untuk makan. Apabila ibu curiga karena ada sebab lain atau masalah medis yang mendasari tingkah lakunya maka ibu dapat membawanya ke DSA untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kemungkinan lain penyebab bayi tidak mau makan selain faktor fisik adalah faktor psikologis. Perilaku bayi contohnya dengan mengunci mulutnya ketika makanan datang sebenarnya adalah salah satu fase yang akan dilalui oleh semua bayi. Perilaku bayi yang tidak mau makan bukan karena bayi kehilangan selera makan. Faktor lain yang dapat memicu perilaku bayi tersebut adalah bertambahnya minat bayi terhadap dunia di sekitarnya. Saat ini jadwal makan justru terasa "sangat mengganggu" bayi, lantaran ia sebenarnya ingin terus bergerak, bukannya duduk manis untuk makan. Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan dan dapat dilihat, sehingga jadwal makan hanyalah menyita waktu.

Pada usia 6- 9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI masih wajib diberikan, dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena kandungan yang terasupi menjadi lebih lengkap.

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Transisi makanan dari ASI ke MPASI memang dapat menimbulkan masalah anak sulit makan, karena makanan masih asing bagi anak. ?Semua tingkah laku bayi harus dihadapi orangtua dengan sabar, dan hindari memaksa bayi makan, karena hal tersebut dapat membuat bayi trauma. Yang penting adalah si kecil sembuh dari batuk pilek, sehingga nafsu makannya juga ikut membaik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar