Sukses

Bekas Jahitan Masih Basah

10 Apr 2015, 20:39 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mau tanyakan mengenai bekas jahitan. Saya 10 hari yang lalu baru melakukan circumsisi, tapi ada jahitan yang lepas kurang lebih 1,5 cm. dan sekarang bernanah.. sudah sering saya oleskan saleb sih, apakah ada cara lain supaya cepat kering dok ? soalnya luka lain sudah sembuh sempurna. thanks

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas operasi (kecil seperti sirkumsisi atau bahkan operasi besar). Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi. Kemungkinan utama penyebab terbukanya luka pasca jahitan dan luka yang terlihat basah yang Anda alami adalah hal ini. Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Bila nanah terlihat banyak, disertai dengan pembengkakan jaringan sekitar, maka Anda sudah membutuhkan antibiotik minum (Dapatkan dengan resep dokter). Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar