Sukses

Nyeri Pergelangan Tangan dan Nyeri Kanan Bawah

10 Apr 2015, 11:26 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dear Ibu dokter, saya memiliki keluhan mengenai nyeri pergelangan tangan saya sebelah kanan. nyeri ini sudah berlangsung 2 hari sejak 9 April'15. saya tidak tahu penyebabnya apa, tiba-tiba saya merasakan nyeri saat melakukan aktivitas seperti mengetik komputer dan menulis.. apalagi mengangkan beban yang berat seperti buku dll. selain itu di kondisi yang sama saya juga merasakan nyeri/sakit di perut kanan saya.. rasanya sangat sakit jika saya berjalan terlalu banyak. padahal menurut saya itu tidak lah perjalanan yang banyak. seperti jika saya menaiki tangga. saya sedang kuliah dan bekerja. memang setiap hari saya menaiki tangga hingga lantai 4. tapi sekarang ini jika saya hanya menaiki 1 lantai saya di lantai kedua sudah mulai terasa sakitnya. dan jika saya berjalan sedikit agak panjang pun bisa merasakan rasa sakit. kira-kira itu penyakit apa ya ibu dokter? mohon penjelasannya agar saya bisa lebih waspada lagi. terima kasih best rgds, Friskila

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Nyeri tangan yang Anda alami kemungkinan adalah sindrom terowongan karpal.  Sindrom Terowongan Karpal ini berhubungan dengan kegiatan yang melibatkan gerakan repetitif pergelangan tangan dalam waktu yang lama. Namun, keadaan ini juga sering ditemukan pada perempuan yang sedang hamil.

Terowongan karpal merupakan terowongan tulang yang terbentuk dari tulang-tulang pergelangan dari tiga sisi serta jaringan ikat yang berjalan melintasi pergelangan tersebut. Gerakan berulang pada saat bekerja dengan komputer dapat meningkatkan tekanan pada rongga yang kecil ini, sehingga menekan saraf medianus yang berjalan di dalamnya. Saraf medianus mempersarafi jempol, jari telunjuk, tengah, dan setengah dari jari manis. Karena itu, penekanan saraf tersebut menimbulkan gejala seperti kesemutan dan nyeri, terutama pada keempat jari tersebut, dan dapat menjalar ke atas.

Cara mengatasi rasa kesemutan dan nyeri yang ada adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif (berulang) dan membutuhkan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala memberat. Jika keluhan terutama dirasakan saat malam hari, ubah posisi tidur dan coba taruh lengan di atas satu atau dua bantal. Jangan tidur menimpa tangan. Jika terasa nyeri sewaktu bangun, goyang-goyangkanlah tangan. Jika setelah melakukan cara-cara di atas gejala tidak berkurang, konsultasilah dengan dokter.

Nyeri perut kanan yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, usus, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf.  Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Pada usus, nyeri kanan bawah dapat disebabkan oleh usus buntu atau disebut apendisitis merupakan penyakit peradangan pada usus buntu atau apendiks. Gejalanya bisa berupa nyeri ulu hati yang kemudian menjalar ke nyeri perut kanan bawah, dan bisa disertai demam, mencret, atau konstipasi. Untuk menegakkan diagnosis usus buntu diperlukan wawancara medis, pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG perut, atau CT scan perut.

Bila Anda mengalami usus buntu akut, memang perlu dilakukan operasi. Bila usus buntu itu pecah dapat menyebabkan infeksi yang menyebar, sehingga menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter bedah untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam mengenai keluhan Anda agar mendapat penatalaksanaan menyeluruh.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar