Sukses

Perih di daerah dekat saluran kencing

11 Aug 2015, 23:58 WIB
Wanita, 29 tahun.

selamat siang dok, umur kehamilan saya sudah 5,5 bulan disaat umur kehamilan 3 bulan saya merasa perih di daerah dekat saluran kencing, saya dan suami ke dokter spesialis kandungan, hasil pemeriksaan janin saya baik baik saja tetapi ari arinya masih dibawah. tetapi setelah pulang dari dokter saya sudah tidak rasa sakit lagi. bulan berikutnya saya merasa sakit lagi ditempat yang sama. saya jadi bingung dok apa dan bagaimana yang harus saya dan suami lakukan. sebelumnya terimakasih dok dan selamat siang

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah terdapat luka pada area sekitar lubang kecing anda? saat pemeriksan sebelumnya, diagnosa apa yang dokter anda katakan? apakah sudah dilakukan pemeriksaan urin? Adaah gejala lain yang anda rasakan, seprti sering kencing atau anyang-ayangan?

Yang kami khawatirkan adalah bila gejala tersebut disebabkan oleh infeksi saluran kemih. ISK (Infeksi Saluran Kemih) pada kehamilan harus diobati. Karena jika tidak diobati dapat berbahaya bagi ibu dan kehamilan. Pada ibu, infeksi dapat berlanjut hingga ke ginjal. Sedangkan pada kehamilan, dapat berakibat pada terjadinya persalinan prematur, ketuban pecah dini, berat badan bayi lahir rendah, dan demam saat proses persalinan. Sehingga ISK harus diobati hingga tuntas. 

Tanda bahwa infeksi saluran kemih telah sembuh adalah hilangnya keluhan klinis yang dirasakan sebelumnya seperti nyeri saat berkemih dan anyang-anyangan. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui adanya perbaikan pada indikator infeksi. Jangan khawatir, karena tentunya antibiotik yang diberikan dokter pada ibu hamil adalah jenis antibiotik yang aman bagi ibu sekaligus bayi. Kembalilah kontrol kepada dokter anda untuk memastikan penyebab dari kondisi yang anda alami tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar