Sukses

Mengatasi Anemia Aplastik

10 Apr 2015, 16:58 WIB
Pria, 21 tahun.

saya di diagnosa terkena anemia aplastik ,cara pengobatan bagaimna dok ?

 

Terim kasih atas pertanyaan Anda, 

Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada dibawah normal. Beberapa jenis anemia diantaranya adalah :

  1. Anemia aplastic
  2. Anemia defisiensi besi
  3. Anemia karena perdarahan
  4. Anemia defisiensi B12 dan asam folat
  5. Sickle cell anemia

Anemia aplastik adalah anemia normositik normokrom yang terjadi akibat gangguan pada sel-sel induk sumsum tulang yang menyebabkan hipoplasia sumsum tulang. Pada keadaan ini jumlah sel-sel darah yang dihasilkan tidak memadai. Penderita mengalami pansitopenia yaitu kekurangan  sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Biopsi sumsum tulang menunjukkan hipoplasia yang nyata dan terjadi pergantian dengan jaringan lemak.

Penyebab 'true' anemia aplastic adalah idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya yang mencapai 50% kasus. Penyebab lain adalah zat kimia (benzen, arsen), radiasi, obat (NSAIDs, asetazolamid), dan virus. Mekanismenya masih belum diketahui namun diketahui bahwa hipersensitivitas merupakan dasar dari mekanisme.

Kompleks gejala anemia aplastik berkaitan dengan pansitopenia (perdarahan, infeksi, lelah, lemas, splenomegali). Terapi yang diberikan  dapat menggunakan :

  • Equine antitimosit globulin, kortikosteroid, dan siklosporin
  • Transplantasi sel Hematopoietik
  • Imunosupresan seperti prednison, siklosporin

Mengenai pengobatan Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar