Sukses

Kaki Pegal Ketika Jongkok Dan Bunyi Saat Ditekuk

06 Jan 2016, 07:50 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat pagi Dokter, Dok, Saya mau tanya, kenapa ya Kaki Saya pegal ketika jongkok, padahal baru jongkok kurang lebih satu menit. Dan ketika Saya berbaring, kaki kanan Saya berbunyi 'trek' ketika d tekuk. Terimakash

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Rasa pegal terjadi akibat adanya penumpukan asam laktat, dimana terjadi metabolisme anaerob misalnya akibat penggunaan energi yang berlebihan atau akibat aliran darah yang kurang lancar. Posisi jongkok merupakan salah satu faktor resiko dimana otot-otot pada kaki membutuhkan energi untuk mempertahankan posisi jongkok. Selain itu, saat jongkok terdapat penekanan pada bagian pembulu darah sehingga aliran darah pun kurang lancar. 

Rasa pegal yang anda rasakan dapat dikatakan masih dalam batas normal bila tidak bertahan lama dan hilang sendiri tanpa tindakan khusus. Untuk menghilangkan rasa pegal anda dapat melakukan pemijitan ringan pada area yang terasa pegal atau mengibas-ngibaskan kaki anda.

Jika rasa pegal bertahan atau berlangsung lama, anda perlu memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk dapat dicari penyebabnya. Sementara itu anda dapat memberikan krim pelega otot atau pengurang rasa nyeri pada area yang terasa pegal.

Dan untuk keluhan  bunyi yang Anda rasakan merupakan sebuah keadaan yang normal selama hal tersebut tidak disertai dengan nyeri. Sendi merupakan engsel atau pertemuan antara dua buah tulang yang direkatkan oleh jaringan jaringan dan cairan synovial yang berfungsi untuk menopang pergerakan Anda. Terjadinya bunyi pada saat bergerak adalah merupakan hentakan dari tulang yang menyangga karena tidak bergerak sesuai porosnya. 

Jarang berolah raga, duduk terlalu lama, dan malnutrisi merupakan penyebab - penyebab dari terjadinya hentakan atau bunyi yang Anda alami. Segeralah berkonsultasi dengan dokter bilamana Anda merasa nyeri atau pun ditemukan pembengkakan dari lutut Anda karena dikhawatirkan akan kondisi yang lebih serius dapat mengancam Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar