Sukses

Efek Menggunakan Pantyliner?

10 Apr 2015, 21:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya mau tanya, karena saya bekerja dan sedang kuliah dari pagi sampai malam, saya berinisiatif menggunakan pantyliner setiap hari sebagai pengganti celana dalam yang tidak bisa saya ganti sewaktu2 seharian. Apakah menggunakan pantyliner berbahaya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sesungguhnya penggunaan panty liner saat kondisi vagina tidak banyak mengeluarkan cairan, tidak akan menimbulkan masalah. Namun bila panty liner digunakan pada saat mengalami banyak keputihan akan memberikan risiko peningkatan kelembaban sebab keputihan yang muncul akan terkumpul pada panty liner, sementara panty liner tersebut tentunya tidak diganti terlalu sering. Dengan begitu vagina akan terpapar lingkungan yang lebih lembab dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kuman (kondisi lembab adalah kondisi yang memungkinkan pertumbuhan kuman). Namun bila selama ini Anda menggunakan panty liner dan tidak mengalami adanya masalah, tidak ada keluhan gatal berlebihan, keputihan yang berbau, kekuningan, atau keputihan tidak bertambah banyak, maka tidak apa-apa bila Anda ingin melanjutkan pemakaiannya. 

Berikut adalah tambahan gaya hidup yang baik untuk menghindari timbulnya keputihan abnormal:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab

  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat

  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu

  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar