Sukses

Nyeri Perut Bawah dan Gangguan Menstruasi Pasca Keguguran

09 Sep 2015, 17:12 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore Dok, saya ingin menanyakan kesehatan rahim saya. Saya pernah mengalami keguguran dan setelah keguguran tersebut saya sering merasakan nyeri pada daerah di bawah pusar dan juga siklus menstruasi saya menjadi lebih panjang. Saya mengkhawatirkan rahim saya namun tidak berani memeriksakan diri secara langsung, takut tidak siap. Apa saran untuk saya Dok? Kira2 apa yang terjadi dengan tubuh saya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bagaimana penanganan yang Anda jalani pada saat terjadi keguguran? apakah dilakukan tindakan kuret?

Penting untuk diketahui bahawa 1 minggu pasca kuret pasien harus datang kontrol kembali ke dokter untuk dilakukan evaluasi apakah ada komplikasi atau tidak. Apakah anda sudah melakukan pemeriksaan kontrol pasca keguguran kepada dokter kandungan Anda?

Tujuan pemeriksaan kondisi rahim setelah mengalami keguguran adalah untuk mengetahui kondisi rahim dan apakah ada jaringan janin yang masih tertinggal di dalam rahim.jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Saat ini kami tidak dapat memasstikan apakah keluhan Nyeri perut dan gangguan menstruasi Anda berhubungan denagn keguguran yang pernah Anda alami atau disebabkan oleh penyebab lain. Oleh karena itu Jika keluhan Anda tidak kunjung membaik dan semakin berat, kami sarankan istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Jika anda merasa tidak siap untuk mendengarkan penjelasan dari dokter Anda, maka ajaklah suami atau anggota keluarga terdekat untuk menemani Anda saat mendengarkan penjelasan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar