Sukses

Ingin Anak Kembar dan Lahir Normal

15 Apr 2015, 11:05 WIB
Wanita, 30 tahun.

Kl melahirkan scr CS bsa ngga hamil brktnya normal?kl sya ingin anak kembar ada carany ngga dok? Apa yg hrus dlakukan?trm kasih sblmnya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kehamilan kembar adalah kehamilan dengan 2 janin atau lebih.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan kembar, yaitu :

  1. Bangsa-bangsa Afrika memiliki frekuensi kehamilan kembar lebih tinggi dari kulit putih

  2. Keturunan  (keturunan kembar dari pihak bapak tidak meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar)

  3. Umur : semakin tinggi umur semakin tinggi frekuensinya (> 35 tahun), setelah umur 40 tahun frekuensi kehamilan kembar menurun lagi

  4. Paritas (angka kehamilan) ibu : frekuensi kehamilan kembar meningkat sesuai dengan paritas ibu

  5. Waktu : kemungkinan kehamilan kembar meningkat sesaat setelah penghentian kontrasepsi pil

  6. Terapi infertilitas : baik menggunakan obat peningkat kesuburan ataupun In Vitro Fertilization (bayi tabung). Obat-obatan dapat merangsang indung telur untuk mengeluarkan telur lebih dari satu yang dapat dibuahi pada waktu yang sama. IVF adalah prosedur memasukkan embrio multipel ke dalam rahim untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Sekitar 25-30% kehamilan dari IVF adalah kembar, 5% triplet (kembar 3), dan <1% adalah kuadriplet (kembar 4) atau lebih

Kehamilan kembar dengan metode bayi tabung lebih besar kemungkinannya dibandingkan secara alami (dengan riwayat keturunan). Obat kesuburan dapat digunakan namun tidak ada jaminan keberhasilan atau kemungkinan berhasilnya kecil. Kemungkinan terbesar untuk mendapatkan bayi kembar adalah menggunakan metode In Vitro Fertilization atau bayi tabung.

Seringkali menjadi pertanyaan wanita yang sudah melahirkan apakah dapat melahirkan normal setelah riwayat operasi sesar (seksio sesarea) sebelumnya. Tindakan ini dapat dilakukan, asal memenuhi syarat VBAC. VBAC (Vaginal Birth After C-Section) adalah proses melahirkan normal setelah melakukan seksio sesarea.

Jarak persalinan normal dengan persalinan caesar sebelumnya idealnya 18-24 bulan. Ada pula yang mengatakan setelah 18  atau 24 bulan baru hamil lagi untuk lebih amannya. Akan tetapi semua tergantung bagaimana riwayat operasi caesar sebelumnya.

Persentase berhasilnya 60-80%. Dan risiko utamanya adalah rupture uteri, sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan yang mendukung sebelum dilakukan  VBAC. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi ke Klinik-klinik kesuburan yang terdapat di rumah sakit besar dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Kami sertakan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Merencanakan Kehamilan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar