Sukses

Alergi Seafood Dan Suhu Dingin

02 Jan 2016, 07:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya memiliki alergi seafood dan suhu dingin. Bbrp bln ini alergi saya sdh jarang kambuh walau saya kedinginan maupun makan seafood. Namun stlh 2 minggu konsum isotret, alergi saya mulai kambuh. Apakah ada kmgknan saya alergi isotret? Satu sisi memang belakangan ini saya sll tersorot AC di kantor, dan bbrp kali makan seafood. Saya jd agak bingung penyebab alergi ini apa. Sdgkan saya merasa syg utk stop isotret krn wajah saya sdh berangsur membaik selama 2 minggu ini. Mohon bantuannya, terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah obat untuk mengatasi jerawat yang anda gunakan didalam pengawasan dokter spesialis Kulit? Apakah ini pertama kali anda gunakan?

Jika anda sebelumnya telah pernah menggunakan obat tsb, atau pemakaiannya sudah dalam jangka lama sedangkan reaksi alergi yang Anda rasakan baru  saja muncul, maka kemungkinan penyebab alergi adalah obat dapat disingkirkan sementara hingga terbukti tidak ada alergen lain yang menjadi pencetusnya. Namun memang, untuk memastikan alergen (pencetus alergi) anda, maka perlu dilakukan tes alergi.

Sedangkan dalam kasus anda, sebelumnya memang memiliki alergi terhadap makanan laut dan udara dingin. Walaupun reaksi alergi tsb telah lama tidak anda rasakan, namun mungkin saja untuk timbul kembali terutama pada saat kondisi kekebalan tubuh menurun (kelelehan, atau serang terserang penyakit lain).

 Saat ini, kami anjurkan Anda untuk kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terkait keluhan alergi Anda. Selain terapi obat, penanganan yang utama pada kasus alergi adalah menghindari pencetusnya. Sehingga, jika telah dapat dipastikan pencetus alergi anda, maka sebaiknya sedapat mungkin anda hindari agar reaksi Alergi tidak muncul kembali.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar