Sukses

Mengurangi Bengkak Pada Penyakit Ginjal

17 Apr 2015, 02:50 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok.kakek saya ddiaknosa sakit ginjal.sekarang kaki bengkak hingga perut temsuk kemaluan.sudah menjalani pengobatan.tetapi belum Ada perbhan.kemaluan mnjdi bengkak dan buang air kci mnjd susah.apa yg hrus dilakukan untuk meredakan bengkk tsb?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudara yang terhormat. 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kakek Anda. Bengkak pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk mengekskresi (membuang) garam atau natrium ke dalam urin. Sedangkan natrium menahan cairan di dalam pembuluh darah. Selain itu, kerusakan pada pembuluh darah-pembuluh darah kecil pada ginjal dapat menyebabkan sindrom nefrotik. Pada sindrom nefrotik, kadar albumin dalam darah turun sehingga juga menyebabkan bengkak. 

Adakah obat yang rutin dikonsumsi oleh kakek Anda? Obat yang diberikan biasanya adalah obat dari golongan diuretik yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Namun, karena penyakit dasarnya adalah ginjal maka bila fungsi ginjal sangat terganggu, maka diperlukan terapi cuci darah atau dialisis untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan "racun-racun" produk metabolisme yang terakumulasi dalam tubuh. Cuci darah dianjurkan apabila pasien mengalami gagal ginjal tahap akhir dan kehilangan 85-90% fungsi ginjalnya.

Diet pada penderita gagal ginjal kronik dalam hal ini adalah diet membatasi beberapa jenis mineral dan sumber makanan, serta cairan untuk mengurangi kerja ginjal. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi adalah :

  • Sodium (garam). Makanan yang mengandung sodium banyak terdapat di dalam makanan olahan seperti sosis, makanan kalengan, keju, kecap asin, dan sebagainya.
  • Protein. Anda akan perlu mengurangi diet protein sehari-hari. Mengurangi asupan protein dapat menurunkan sisa metabolisme yang membebani ginjal dan membantu ginjal bekerja lebih baik. Makanan yang tinggi kadar protein adalah daging, ayam, ikan, telur, dan produk susu
  • Fosfor. Fosfor dalam jumlah berlebih tidak akan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh karena ginjal yang sudah rusak. Terlalu banyak fosfor di dalam tubuh akan menyebabkan kalsium menurun dari tulang. Makanan yang memiliki kandungan fosfor tinggi adalah kacang-kacangan, kola, dan minuman beralkohol
  • Potasium. Makanan dengan kadar potasium tinggi adalah pisang, buah-buahan lainnya, dan sayuran

Untuk tata laksana yang lebih optimal, kami sarankan Anda membawa beliau kembali ke dokter yang menangani sebelumnya, atau dokter spesialis penyakit dalam ahli ginjal (nefrologi). Dan untuk pengaturan diet peyakit ginjal, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis gizi agar diberikan pengaturan nutrisi yang sesuai. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar