Sukses

Kapan Boleh Diet setelah Melahirkan

07 Dec 2015, 16:25 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, pada saat usia anak berapa untuk diet setelah melahirkan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk tahu jawaban dr. Suci Dwi Putri.

Kapan Boleh Diet setelah Melahirkan

Program menurunkan berat badan pasca melahirkan dapat dimulai segera setelah melahirkan, ketika kondisi tubuh Anda sudah fit dan stamina tubuh telah kembali.

Namun, perlu diingat bahwa menurunkan berat badan pasca melahirkan tidak bisa instant karena tidak baik untuk kesehatan Anda.

Berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit, menghindari makanan berlemak, mengurangi waktu di depan TV (2 jam sehari) berdasarkan penelitian dapat mengurangi risiko kegemukan setelah melahirkan sebanyak 77%.

Berat badan Anda sendiri sebenarnya akan turun alami dengan proses menyusui.

Anda  tidak boleh menurunkan berat badan lebih dari 1/2 -1 kg/minggu. Hal ini disebabkan masa pasca-kehamilan adalah masa pemulihan, jadi zat-zat tertentu masih diperlukan dalam jumlah banyak.

Apabila Anda diperbolehkab berolahraga (tidak ada kelainan sewaktu melahirkan dan diijinkan oleh dokter kebidanan), maka mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti jalan kaki yang saya sebutkan di atas.

Mengurus anak sendiri sebenarnya sudah merupakan olahraga bagi Anda.

Asupan makanan sebaiknya diperbanyak sayuran, buah-buahan, dan makanan rendah lemak.

Mengemil sehat diperbolehkan, seperti yoghurt atau biskuit rendah lemak. Jangan lupa banyak minum air putih. Kombinasi diet dan olahraga akan lebih baik dibandingkan diet atau olahraga saja.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar