Sukses

Terlambat KB Suntik, Bisa Hamil?

01 Nov 2015, 11:09 WIB
Wanita, 23 tahun.

Salam dok, Saya mw konsultasi Saya telat KB suntik terlewat seminggu dr jadwal suntik KB 3bln Sudah 1th 6bln saya menggunakan KB suntik Berarti sudah mw 7x suntik Dan sudah merasa cocok Untuk yg ke 7x saya terlewat 6hr dari jadwal suntik yg bidan kasih Waktu suntik ke 6 tepat tgl 8-1-15 kembali suntik di jadwal kan tgl 2-4-15 Saya baru kembali suntik tgl 8-4-15 Terlewat 1minggu selama seminggu saya berhubungan intim dengan suami Bidan menghawatirkan saya hamil, tetapi tidak melakukan test peck sblm suntik Pertanyaan saya dok Apa telat KB 6hr bs langsung hamil atau normal kembali kesuburan nya ??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman.

Sebelum disuntik, kesehatan ibu harus diperiksa dulu untuk memastikan kecocokannya. Suntikan diberikan saat ibu dalam keadaan tidak hamil. Umumnya pemakai suntikan KB mempunyai persyaratan sama dengan pemakai pil, begitu pula bagi orang yang tidak boleh memakai suntikan KB, termasuk penggunaan cara KB hormonal selama maksimal 5 tahun. Suntikan diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah persalinan.

Untuk KB suntik 3 bulan sebenarnya tidak jadi masalah bila terlambat suntik beberapa hari saja.  Namun, Kemungkinan hamil tetap akan ada, walaupun sudah menggunakan KB hormonal, karena efektivitas KB hormonal tidak mencapai 100%. Tetapi terjadinya kehamilan merupakan kemungkinan kecil. Untuk itu sebaiknya anda tetap melakukan test pack, bila perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk meyakinkan Andanya kehamilan atau tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar