Sukses

Air Daun Sirih Untuk Mencuci Mata?

10 Apr 2015, 15:29 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok mata saya mines,saya suka mencuci mata saya dgn air daun sirih.jika saya lakukan terus menerus apa ada efeksampingnya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kandungan daun sirih memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri, mematikan jamur, dan juga memiliki peranan sebagai antioksidan. Karena itu, daun sirih telah lama digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka luar.

Untuk mendapatkan efek antiseptiknya, sejumlah daun sirih biasanya akan direbus dan air rebusan daun sirih tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai obat kumur atau digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lain.

Diperlukan kepekatan yang berbeda-beda dari ekstrak daun sirih untuk mendapatkan fungsi yang berbeda pula, baik sebagai antibakteri maupun antijamur.

Meskipun telah terbukti memiliki sifat antiseptik, namun hindarilah penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Terlebih jika dalam proses pembuatannya tidak terjamin kebersihan dan kesterilan dari ekstrak daun sirih yang dihasilkan sehingga penggunaannya justru akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam sehat, 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar