Sukses

Bercak Merah Pada Lipatan Tubuh Anak

02 Jan 2016, 08:01 WIB
Wanita, 5 tahun.

Selamat pagi,, Mr/Mrs. mohon maaf sebelumnya ,saya ingin bertanya masalah kesehatan anak saya. dibagian selangkangan ,ketiak anak saya timbul merah,apalagi kalo cuaca panas, kalo saya rasakan pada yg terkena merah itu hangat, yang saya tanyakan apa karena keringat yg berlebih, alergi makanan,pakaian yang sempit atau karena apa ya dokter. selama ini hanya saya kasi / oleskan sedikit minyak goreng yg baru ke celah2 yang merah, terkdng hilang wrna kemerahnya. tolong dibantu apa solusi yang bisa kami buat. terima kasih Nurhasana.S

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebaiknya Jangan sembarang memberikan obat-obatan kepada anak, walaupun hanya obat luar. Termasuk penggunaan minyak goreng, karena belum diketahui pasti manfaat serta dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Dan jangan Anggap sepele kelainan dikulit karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala dari penyakit lain yang mendasari.

Sebenarnya Ada banyak penyebab dari kelianan kulit seperti yang Anda gambarkan. Namun keluhan gatal pada lipat paha pada umumnya lebih sering diakibatkan oleh infeksi jamur. Pasalnya, pada daerah tersebut merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan kondisi lembab (terutama bila kebersihan diri kurang terjaga), dan jamur sangat mudah tumbuh pada tempat yang lembab.

Infeksi Jamur pada daerah lipat paha disebut Tinea cruris. Sedangkan pada bayi yang menggunakan popok infeksi jamur ini disebut Diaper rush. Kami akan sedikit menjelaskan lebih lanjut mengenai Tinea cruris.

Tinea adalah penyakit pada jaringan yang mengandung zat tanduk, misalnya lapisan teratas pada kulit pada epidermis, rambut, dan kuku, yang disebabkan golongan jamur dermatofita (jamur yang menyerang kulit). Tinea kruris sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, bokong dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah.

Biasanya lokasi pada daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit. Buah zakar sangat jarang menunjukkan keluhan, meskipun pemeriksaan jamur dapat positif, hal yang berbeda dengan kandidiasis yang sering menunjukkan keterlibatan pada buah zakar dan penis.

Dalam penanganannya Menghilangkan faktor penunjang sangatlah penting, misalnya mengusahakan daerah lesi selalu kering dengan memakai baju yang menyerap keringat. Obat antijamur yang dioleskan adalah terapi pilihan untuk lesi yang terbatas dan dapat dijangkau. Obat ini digunakan pagi dan sore hari selama sekurang-kurangnya 2-4 minggu. Terapi dioleskan sampai 3 cm di luar batas lesi dan diteruskan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh. Mengobati atau menghilangkan sumber penularan merupakan hal penting untuk mencegah penularan jamur kembali.

Sebaiknya Anda membawa anak Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat agar dapat dipastikan penyebab keluhannya, dan terapi yang tepat sesuai kondisi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar