Sukses

Mata Kuning dan Kusam

20 Apr 2015, 10:05 WIB
Pria, 17 tahun.

selamat pagi dok. saya gemilang, saya masih duduk di bangku SMA. saya mau bertanya tentang keluhan mata saya. dulu saya pernah terkena penyakit kuning dan sampai sekarang mata saya terlihat sedikit agak kusam dan kekuningan. apa iya dok hilanngnya jernih mata saya dikarenakan penyakit kuning, dook? jika iya, apa ada solusi untuk menjernihkan mata saya yang kekuningan ini?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagian putih mata disebut sklera. Warna kuning pada sklera bisa disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain:

  • Pinguecula adalah selaput kekuningan pada konjungtiva mata (terlihat pada bagian mata yang berwarna putih). Seringkali terdapat di bagian sebelah dalam mata. Pinguecula ini juga dapat menyebabkan mata kemerahan. Seringkali, pinguecula muncul akibat dari iritasi kronik dan paparan sinar ultraviolet matahari. Kondisi ini tidak termasuk berbahaya, namun dapat mengalami iritasi. Kemungkinan iritasi yang terjadi adalah gangguan yang disebut sebagai radang pada mata Anda. Saat ini iritasi atau radang kemungkinan besar sudah sembuh karena bintik sudah tidak ada. Anda dapat membantu melindungi mata Anda dan mengurangi iritasi dengan menggunakan kaca mata hitam atau topi saat keluar rumah. Jika terjadi iritasi, gunakanlah obat tetes mata yang dijual bebas. Jika Anda masih merasakan keluhan Anda mengganggu atau pinguecula tersebut meluas, segeralah menemui dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan dokter.

  • Mata kuning disertai dengan warna kekuningan dari kulit biasanya disebabkan adanya peningkatan kadar bilirubin di dalam darah melebihi 1.5 mg/dL ( > 35 micromoles/L). Gangguan transportasi atau pemecahan berlebihan dari bilirubin yang dilakukan di hati dapat menjadi penyebab dari terjadinya ikterik. Beberapa jenis penyakit yang menjadi penyebab ikterik diantaranya adalah anemia hemolitik, infeksi hepatitis, sumbatan empedu, alkohol, dan beberapa sindroma penyakit.

Apakah Anda memiliki keluhan lain?

Kami sarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter umum terlebih dahulu, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan rujukan yang tepat apakah ke dokter spesialis mata atau spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar