Sukses

Pertolongan Stroke dengan Menusuk Jari Dengan Jarum

02 Jan 2016, 10:17 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, tetangga saya meninggal setelah jatuh dikamar mandi dan muntah, dia sempat tidak sadar selama 1 hari kemudian meninggal. Saya sempat mendapatkan broadcast message mengenai penanganan penderita stroke yg jatuh, yaitu dengan cara ditusuk jarum kesepuluh jarinya. Yang ingin saya tanyakan, apakah cara ini dibenarkan oleh medis ? Kalau tidak, bagaimana cara yang benar ? Saya takut kejadian ini meninpa ibu saya, karna beliau menderita hipertensi dan kolesterol. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penanganan awal dari orang yang terkena serangan stroke adalah dengan membawanya ke rumah sakit sesegera mungkin. Namun yang dapat Anda lakukan di rumah adalah menjaga agar kondisi tubuh stabil seperti meletakkan tubuh pada kondisi yang aman, berikan selimut bila suhu tubuh panas, dan bila Anda mengerti cara mengukur tekanan darah, nadi, atau pernafasan coba lakukan pengukuruan tersebut.

Untuk hal-hal mengenai menusukkan jarum belum pernah terbukti oleh penelitian jadi kami tidak dapat merekomendasikan hal tersebut. Tindakan tersebut hanya akan memperlambat penanganan pasien stroke yang pada dasarnya membutuhkan penanganan sesegera mungkin karena jika tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan kematian.

Mengenai topik ini juga pernah kami bahas dalam salah satu artikel kesehatan kami. Anda dapat melihat informasi lengkapnya Disini.

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat Anda baca :

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Sakit Jantung

5 Gejala Stroke

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Tanda Stroke dan Hindari Kematian

Stroke 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar