Sukses

Hasil Lab LED Anak Tinggi

07 Dec 2015, 14:47 WIB
Pria, 35 tahun.

Hasil lab anak saya yg berusia 5th 2bln berat badan 14 kg LED 95 mm/jam batang 1 segmen 66, 3 hal itu yg diberi tanda bintang. Apa penyebab LED yang sangat tinggi dan apa akibatnya? Bagaimana pengobatannya? Sy ucapkan terima kasih atas jawabannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Peningkatan LED merupakan respon yang tidak spesifik terhadap kerusakan jaringan dan merupakan petunjuk adanya penyakit. Peningkatan LED menunjukkan suatu infeksi yang aktif atau terapi penyakit sebelumnya yang tidak berhasil. LED yang tinggi juga dapat dijumpai pada keadaan-keadaan seperti haid, anemia, kehamilan setelah bulan ketiga, dan pada orang tua. Beberapa obat-obatan juga dapat meningkatkan hasil LED, diantaranya dextran, metildopa, kontrasepsi oral, teofilin, penisilamin prokainamid, dan vitamin A, sementara aspirin, kortison, dan kuinin dapat menurunkan LED.

LED dapat dipakai untuk menilai perjalanan dari penyakit. Peningkatan laju endap darah dibandingkan sebelumnya menunjukkan proses yang meluas, sedangkan laju endap darah yang menurun dibandingkan sebelumnya menunjukkan suatu perbaikan.

Karena LED merupakan penanda infeksi nonspesifik dan dipengaruhi oleh banyak faktor  (teknik, obat-obatan), hasil yang didapatkan sebaiknya dikonfirmasikan dengan gejala klinis yang terjadi dan hasil laboratorium yang lain. Diagnosis suatu penyakit tidak dapat diambil hanya dengan melihat hasil LED saja. Jadi pada kasus anak Anda dimana terdapat peningkatan LED dari nilai normal maka harus dikonfirmasi dengan gejala yang ada atau dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium lain. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar