Sukses

Nyeri Pasca Operasi Caesar

08 Apr 2015, 14:53 WIB
Pria, 25 tahun.

Siang dok.. Mau tanya dok, istri saya baru melahirkan hari minggu kemaren..tetapi proses ny di operasi (sesar) dok. Sampai saat ini istri saya kalo jalan kaki masih nyeri dok..kalo dihitung sudah 3 hari mulainhri mggu Mohon solusinya..supaya rasa nyerinya hilang... Terimakasih dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Izinkan kami untuk memperjelas maksud pertanyaan Anda. Apakah yang Anda maksud istri Anda masih merasakan nyeri di tempat bekas operasi caesar? atau apakah istria Anda mengeluhkan nyeri kaki pasca operasi?

Perut yang terasa sakit pada wanita yang baru mengalami operasi sesar dapat terjadi bila melakukan aktivitas tertentu. Hal ini dapat disebabkan karena proses penyembuhan yang terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri. Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan untuk sampai penyembuhan total. Sedangkan penyembuhan luka jahitan di kulit perut umumnya membutuhkan 3-4 minggu. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, istri Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Jika nyeri terjadi setiap saat, perlu dilakukan pemeriksaan kontrol dengan dokter sebelumnya terutama pada luka bekas operasi caesar, dengan cara USG maupun pemeriksaan dalam.

Tidak sedikit diantara pasien mengeluhkan lamanya masa pemulihan pasca operasi caesar, sementara lingkungan sekitar sudah menuntut aktivitas Anda. Simak tips-tips berikut ini untuk mempercepat penyembuhan; 

  1. Berhati-hatilah
    Pada minggu-minggu pertama, hindari mengangkat benda berat kecuali bayi Anda. Beristirahatlah jika memungkinkan. 

  2. Perawatan Luka :  Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl), ganti perban sesering mungkin dan  oleskan salep antibiotik (tanyakan kepada dokter Anda jika diperlukan) 

  3. Support Perut Anda : Berdiri dan berjalanlah dengan postur tubuh yang baik. Tahan perut Anda pada area bekas luka saat mengalami pergerakkan yang cepat dan tiba-tiba seperti batuk, bersin atau tertawa. 

  4. Konsumsi Obat-obatan Sesuai Saran Dokter

  5. Berkonsultasilah dengan dokter jika diperlukan obat untuk menghilangkan rasa nyeri. 

  6. Minum Air Putih yang Banyak. Dengan konsumsi banyak cairan, maka akan menggantikan volume cairan yang hilang saat melahirkan dan menyusui dan dapat mencegah sembelit. 

  7. Segeralah Berkonsultasi dan jangan tunda waktu kunjungan ke dokter jika terdapat gejala-gejala: Luka bekas operasi terlihat kemerahan, bengkak atau terdapat cairan yang keluar,  Demam lebih dari 38C  dan  Nyeri hebat pada luka operasi 

  8. Lakukan Pemeriksaan Berkala : Sekitar 2 minggu setelah melahirkan, sebaiknya periksakan diri Anda dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa luka operasi, perut, vagina, rahim dan mulut rahim Anda sembuh dengan sempurna.

  9. Sewaktu memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan payudara, berat badan dan tekanan darah Anda. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai metode dan jenis kontrasepsi serta cara menyusui. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar