Sukses

Telapak Tangan Dan Kaki Bayi Berkeringat

29 Dec 2015, 07:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,anak sy telapak tangan dan kaki nya sering keringatan,smpe basah. Walau cuaca dingin sekalipun.. dan berat badan nya tdk mw naek2 lg,pdhl makan nya kuat dan minum susu nya jg, ank sy usia 8 bulan 3 minggu dok. Trima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telapak tangan yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. Hiperhidrosis juga dapat disebabkan oleh gangguan hormon tiroid, penyakit jantung,maupun psikis atau stress. Untuk memastikan kondisi ini sebaiknya Anak diperiksakan langsung kepada dokter spesialis Anak.

Mengenai pertumbuhannya, Bagaimana hasil pengukuran berat badan dan tinggi badang anak Anda sejak lahir? Apakah berat badan naik sesuai dengan grafik di Kartu Menuju Sehat (KMS)? Apakah masih dalam garis hijau?

Pada anak yang memiliki gangguan nutrisi, frekuensi terserang penyakit akan lebih tinggi. Selain itu, penting juga menjaga kebersihan makanan atau alat makanan (misalnya botol susu, piring, sendok, dll) agar tidak terkena infeksi saluran cerna seperti muntah-muntah dan diare. Perhatikan pula makanan yang ibu konsumsi karena dapat dieksresikan melalui ASI, jadi ibu harus menjaga nutrisi dan asupan gizi ibu.

Pada anak dengan kondisi tertentu seperti penderita penyakit jantung bawaan biasanya juga didapati gejala sering sakit, tetapi biasanya gejala diikuti dengan pertumbuhan bayi yang terhambat, kesulitan makan, keluhan sering sesak, biru, dan lain sebagainya.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk mengetahui apakah terdapat gangguan yang menyebabkan berat badan Anak tidak bertambah tsb.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar