Sukses

Sakit Kepala Setelah Minum Antibiotik

30 Dec 2015, 10:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau tanya, di leher saya ada benjolan dari tahun 2013, dan baru baru ini saya cek ke dokter dan kata dokter di suruh minum obat antibiontik selama 2 minggu... Ciri ciri benjolan saya itu sebelum berobat ke dokter - agak besar dikit - berada di bawah kulit ( jadi akan terlihat bila menengok ke samping) - bisa di gerakan walau tdk terlalu - agak keras Nah setelah saya minum obat itu benjolan saya udah mulai kempes dan gampang di geraka. Tapi setelah 1 minggu saya minum obat itu saya merasa saya jadi gampang sakit kepala, walau tidak terlalu sakit, tapi ini lumayan menganggu... tadi pas saya bawa tidur pun sakit nya belum hilang, ini udah terjadi sejak 2 hari... Jadi dok sakit kepala saya ini apa ini efek dari obat yang saya minum ini dok? Apa efek benjolan tsbt? Lalu menurut dokter apa saya lebih baik menghentikan sementara untuk minum obat itu atau ttp di lanjutkan,? soalnya saya harus kembali lagi ke rumah sakit untuk memeriksakan benjolan saya setelah 2 minggu minum obat tsbt Dan kata dokter saya obat itu harus di habiskan..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk menentukan apakah terdapat hubungan antara keluhan sakit kepala dengan benjolan di leher anda dan/atau pengobatannya , maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya menangani Anda, agar dapat dilakukan evaluasi.

Untuk menambah informasi Anda, kami akan sedikit membahas mengenai keluhan Sakit kepala secara umum.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri , sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri . Strutur kepala tersebut adalah :

  • Kulit kepala
  • Aliran darah ke kulit kepala
  • Otot kepala dan leher
  • Pembuluh darah di rongga sinus
  • Pembuluh darah di daerah selaput otak
  • Serabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )
  • Pembuluh darah besar di otak besar
  • Bagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otak

Gangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sulit Untuk Kami menentukan penyebab keluhan Anda, tanpa melakukan pemeriksaan.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adalah;

  • Minum obat penghilang rasa sakit
  • Istirahat
  • Apabila ssetelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat , segeralah datang ke Dokter .

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar