Sukses

Nyeri Telinga Pasca Terkena Infeksi Jamur

30 Dec 2015, 08:03 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok udah hampir 8 bulan suami saya sakit telinga, awal ny masuk air pantai, trus berair, terakhir kami berobat kedokter tht, ternyata ada pembenhkakan n ad jamur, setelah obat habis, sakit telinga yang d derita suami saya belum jg sembuh, bagaimana solusi ny dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Infeksi pada telinga bagian luar disebut juga otitis eksterna. Umumnya infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri, rasa panas serta rasa penuh pada telinga dan bahkan ketika rahang digerakkan. Pada otitis eksterna yang berlangsung lama atau kronik ada kemungkinan infeksi tersebut menyebar ke tulang di sekitar telinga disebut osteomielitis. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala setiap kali terjadi serangan infeksi akut.

Infeksi pada telinga yang disebabkan oleh jamur disebut otomikosis. Penyebab terseringnya adalah jamur aspergillus dan candida. Faktor risikonya adalah:

  • daya tahan tubuh rendah seperti penderita HIV atau diabetes melitus
  • penggunaan antibiotik atau steroid tetes telinga jangka panjang
  • berenang
  • trauma
  • kelembaban tinggi
  • higienitas kurang

Pengobatan otomikosis adalah dengan obat anti jamur. Jika memang masih terdapat gejala yang mengganggu setelah terapi yang sebelumnya diberikan selesai, maka Kami sarankan suami Anda kembali mengunjungi dokter spesialis THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar