Sukses

Lemas, Hidung Mampet, Lidan Terasa Asam

21 Dec 2015, 07:42 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya sering merasa lemas dan rasa ingin jatuh ketika telat makan dan kecapekan. hidung saya sering mampet, dan suka ada rasa mengganjal di tenggorokan seperti ingin sendawa, lidah terasa asam jika mengonsumsi teh, suhu tubuh 36,5 C

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perasaan lemas tentu saja terjadi ketika tubuh kekurangan energi akibat belum/terlambat makan. Jika berlanjut, maka bisa saja menyebabkan kehilangan kesadaran sesaat (pingsan). Kondisi ini disebut hipoglikemia (dimana tubuh kekurangan energi glukosa untuk menjalankan proses metabolisme tubuh). Umumnya kondisi ini dapat segera membaik setelah diberikan asupan glukosa dari minuman bergula atau makanan. Jika tidak, maka perlu dipikirkan lebih lanjut penyebab lain yang mendasarinya.

Keluhan Rasa mengganjal di tenggorokkan dan sering bersendawa dapat berkaitan dengan peningkatan asam lambung, bila anda mempunyai kebiasaan terlambat makan. Sedangkan keluhan Hidung mampet, perlu informasi lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya.

Untuk keluhan lidah terasa Asam, merupakan hal yang wajar terjadi akibat residu teh yang melekat disela-sela papil lidah. Kondisi ini akan membaik setelah anda menggosok gigi. Namun jika tidak, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika keluhan-keluhan tersebut anda rasakan sangat mengganggu, sebaiknya terlebih dahulu diperiksakan kepada dokter terdekat untuk dapat dicari penyebabnya, sehingga terapi dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Selain itu, lakukanlah pola hidup / gaya hidup sehat. Dan perhatikan pola makan Anda, untuk mencegah peningkatan asam lambung dan akibat lanjutannya (maag, GERD) disaat perut kosong. Untuk pola makan yang baik dapat Anda lihat disini.

0 Komentar

Belum ada komentar